Selasa, 25 Desember 2012

Jilbab itu "Kewajiban", bukan pilihan


Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi semuanya
kemarin, Ana sahabat saya bercerita tentang seorang temannya, Teman Ana merupakan gadis yang cantik, baik hati, keibuan, dan juga berbakat. Dia dapat dikatakan wanita yang hampir sempurna, banyak sekali pria yang menyukainya namun ia bukan sembarangan wanita yang suka memberikan harapan kepada lelaki yang mendekatinya. ditambah lagi ia memutuskan berhijab pada semester 6, subhahanallah.. semakin lengkap sudah kelebihan yang ia miliki: cantik, baik, berbakat dan menutup auratnya..
Namun seperti yang terdapat pada Surat Al-Isra ayat 53 bahwa setan akan mengganggu manusia hingga akhir kiamat nanti. Seperti itulah setan bekerja dan dengan mengatas namakan suatu hal, kini ia melepaskan hijabnya, astagfirullah.. :( Ana sendiri kurang tahu alasan yang melatar belakangi keputusan temannya tersebut. Yang pasti apapun alasannya tersebut, perbuatan yang ia lakukan merupakan salah satu perbuatan yang menurut Ana tidak harus diambil

Teman..
Aku jadi ingat berita tentang larangan berjilbab pada sekitar tahun 2008.. banyak sekali larangan berjilbab pada tahun tersebut baik di sekolah maupun tempat kerja, saudara kita sesama muslim dahulu berjuang untuk mempertahankan jilbabnya, mati"an untuk melegalkan penggunaan jilbab di berbagai tempat (sekolah maupun tempat kerja). Lalu.. apa yang kita perbuat saat ini? kita hanya tinggal menikmati kemerdekaan yang telah diusahkan saudara kita sesama muslimah dahulu. kini kita bebas menggunakan jilbab dimana pun kita berada. Itu semua berkat perjuangan saudari kita..
Lalu.. tidak ada alasan bagi kita untuk membuka jilbab kita, membuka aurat kita! astagfirullah..
ingat.. jilbab itu bukan pilihan yaitu ketika kamu sedang ingin memakainya maka kamu gunakan, namun jika kamu tidak ingin lagi entah karena alasan apapun, lantas engkau tanggal kan.. Jilbab itu Kewajiban!!
Semoga kita tetap istiqomah ya, aamiin.. :)

Jika kalian masih ragu lagi, mari coba kita lihat surat-surat dalam Al-quran dibawah ini:
QS. Al-A'raf ayat 26: "Hai anak adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat"
QS. Al-Ahzab ayat 59: "Wahai Nabi, Katakanlah kepada istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka'. Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyanyang"
QS An-Nuur: 31: "Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya. Janganlah mereka menampakan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakan perhiasannya kecuali pada suami mereka, ayah mereka, ayah suami mereka, putera-putera mereka, putera-putera suami mereka, saudara laki-laki mereka, putera-putera saudara lelaki mereka, putera-putera saudara perempuan mereka, wanita-wanita muslim mereka, budak-budak mereka, pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita..."

Lihat teman.. berdasarkan surat-surat yang telah dijabarkan diatas sudah sangat jelas bahwa Allah memerintahkan setiap wanita muslim untuk menutup auratnya. setiap perintah yang datangnya dari Allah merupakan suatu kewajiban. atau dapat dikatakan bahwa menutup aurat atau berjilbab merupakan KEWAJIBAN bagi semua wanita muslimah di dunia. Kewajiban itu jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala, jika tidak akan berdosa.

"Namun.. saya takut, ketika saya berjilbab, saya masih melakukan hal-hal yang kurang baik"
"Teman.. saya juga belum bisa bersikap sesempurna nabi maupun para sahabatnya, namun saya berniat menggunakan jilbab untuk terus memperbaiki diri, insyAllah kalau niatnya baik, pasti hasilnya juga akan baik ko :)"
*selain niat, kita juga perlu usaha ya ;)

sekedar saran teman-teman
ketika kalian melihat saudara sesama muslim yang menggunakan jilbab melakukan perbuatan yang kurang baik di mata kalian, maka jangan sampai mengurungkan niat kalian untuk menutup aurat.
kewajiban kita terhadap Allah sangatlah banyak, maka dari itu laksanakanlah kewajiban kita satu persatu, mulai dari menutup aurat dan perbaiki yang lainnya, insyAllah pasti ada jalannya :)

"Jika kamu belum menggunakan hijab, itu bukan berarti pilihanmu
Namun kamu hanya belum tahu kalau jilbab itu adalahsuatu kewajiban :)"

Semoga kita tetap istiqomah menjalankan perbuatan baik ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar