Kamis, 20 Desember 2012

Preparation #04

Assalamualaikum wr.wb..

Apa kabar semuanya? :)

Setiap hari minggu pasti kalian sedang bersantai di rumah ya atau sedang menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama keluarga di rumah bagi yang sudah berumah tangga atau juga kalian tengah bersiap-siap untuk jalan-jalan bersama teman-teman?

pasti bermacam-macam kegiatan yang dapat dilakukan di hari minggu ya
bagi ku, hari minggu merupakan jadwal untuk latihan memasak ;)
"PREPARATION" merupakan salah satu persiapan sebagai ibu rumah tangga nantinya,hehe.. walaupun ga ada yang mengharuskan wanita bisa masak namun memasak merupakan kelebihan bagi wanita itu sendiri :)
kali ini aku mencoba membuat salad ala Indonesia atau dikenal dengan gado-gado ^^
Pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. porsi yang akan dibuat ini cukup untuk empat orang loh :)

Bahan Utama:
- 100 gram kangkung
- 100 gram bayam
- 10 lonjor kacang panjang, potong-potong
- 100 gram taoge, seduh
- 1/2 buah labu siam, kupas dan potong-potong (jika suka)
- 2 buah jagung manis

Bahan Pelengkap:
- tahu dan tempe goreng
- emping goreng
- bawang goreng
- lontong (optional)
- telor rebus (optional)

Bumbu
- 3 buah cabai (jika suka pedas dapat ditambah)
- 2 siung bawang putih (kurangi jika tidak terlalu suka)
- 1/2 sendok teh terasi goreng
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula merah 
100 gram kacang mede goreng dihaluskan bersama 50 gram kacang tanah goreng (jika tidak ada kacang mede, gunakan 100 gram kacang tanah saja) 
- 2 sendok teh air asam 
air secukupnya 

Cara Membuat:
1. Siapkan cobek. Haluskan cabai dan bawang putih. Tambahkan terasi, garam, gula merah dan kacang. Ulek sambil ditambahkan air dan air asam sedikit demi sedikit.
tips:
bagi kalian yang menggunakan blender seperti iniyang memiliki kapasitas yang sedikit, maka sebaiknya anda menghancurkan kacang tanahnya terlebih dahulu baru kemudian hancurkan bumbu yang lainnya.

2. Goreng tempe, tahu, bawang goreng dan emping. (catatan: gunakanlah minyak goreng yang masih baru/maksimal empat kali pakai). 

3. Rebus semua bahan utama, masukkan terlebih dahulu dari yang lama matangnya hingga yang paling cepat matangnya. kemudian angkat kemudian tiriskan.

tips: 
Bila anda membeli sayuran di pasar maka tidak jarang banyak yang kurang bagus maka sebelum di rebus, pilihlah daun sayuran yang masih layak di makan :)


(gambar 1 dan 2 merupakan gambar daun yang masih bagus dan gambar 3 merupakan daun yang sudah tidak bagus dan sebaiknya dibuang)

4. campurkan bumbu yang telah dihaluskan bersama sayuran yang telah direbus, tempe, tahu, kemudian aduk rata. Sajikan bersama emping dan telor rebus.

(tara.. ini hasilnya)
tapi jika tidak mau langsung dicampur dapat disajikan seperti gambar dibawah ini:
:)


preparation #04 is done
semoga kita bisa mempersiapkan diri kita untuk menjadi lebih baik ya,aamiin.. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar